Skip to main content

5 Tindakan Utama yang Perlu Dilakukan Saat Motor Matic Kamu Terkena Banjir



Kondisi sepeda motor berpengaruh pada performanya. Oleh sebab itu, sepeda motor beserta keseluruhan bagiannya sangat diperlukan. Apapun jenis motornya, kondisinya harus tetap terjaga. Motor matic adalah jenis motor yang harus dijaga dari berbagai keadaan, seperti banjir. Akan tetapi, apabila motor matic sudah terkena banjir, maka lakukan tips menservis motor matic agar kondisi motor tetap aman dan terjaga.

Jaga Performa Mitra Berkendara dengan Tips Menservis Motor Matic


Performa mesin motor tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor air, yang membuat mesin cepat aus apabila sering terendam air, seperti saat banjir datang. Umumnya, banjir terjadi di perkotaan yang minim resapan air dan jalan raya sering terendam. Mesin kendaraan bisa mati mendadak dan susah dijalankan akibat rendaman air tersebut, serta dikhawatirkan terkena dampaknya. Motor yang sering terjebak banjir, akan mengakibatkan mesin motor mengalami gangguan. Mesin motor matic juga mengalami hal yang sama, bahkan lebih rentan. Bagi Anda pemilik motor, khususnya motor matic, berikut adalah tips menservis motor matic yang dapat dilakukan melalui 5 tindakan utama saat motor matic terkena banjir, sehingga Anda tidak perlu cemas.

1 ) Membuang air yang masuk ke dalam knalpot, filter, dan CVT.

Motor yang terjebak banjir, terdapat kemungkinan bahwa air masuk ke dalam beberapa bagian, seperti knalpot, filter, dan CVT pada motor matic. Tips menservis motor matic yang pertama kali dilakukan adalah mengeluarkan air yang masuk pada beberapa bagian tersebut. Pertama, buang air yang masuk pada knalpot dengan mengangkat roda depan, sehingga air akan keluar dengan sendirinya. Kedua, filter yang kemasukan air juga harus dibersihkan dengan cara mencabut selang buntu pada filter. Terakhir, mengeluarkan air dari CVT dengan jalan mencabut salah satu sumbatan karet di saluran pembuangan. Jika air terus ada pada CVT, maka pulley tidak bisa bergerak untuk mentransmisikan tenaga mesin, walaupun mesin menyala.

2 ) Merendam komponen dalam cairan penetral dan mengeringkannya.

Alangkah baiknya merendam semua komponen yang terkena air, seperti knalpot, badan motor, dan sebagainya, kecuali mesin, ke dalam cairan penetral. Fungsi perendaman tersebut adalah membersihkan kotoran yang menempel saat terjebak banjir tadi, seperti pasir dan tanah. Selain itu, juga menetralkan setiap komponen, sehingga dapat mencegah perkaratan. Setelah merendamnya beberapa saat, keringkan semua bagian hingga benar-benar kering.

3 )  Memeriksa sistem kelistrikan

Tips menservis motor matic selanjutnya adalah membuka seluruh komponen, seperti saklar, konektor kabel, motor starter, spul, hingga fitting bohlam. Setelah itu, keringkan dengan menjemurnya atau menggunakan kompresor. Semprotkan juga cairan antikarat untuk mencegah perkaratan. Terakhir, pasang kembali komponen listrik dan mesin, serta melakukan pengetesan. Apabila hal ini tidak dilakukan, maka dapat berdampak korosi yang menyebabkan korsleting.

4 ) Memeriksa rem bagian belakang

Rem belakang sering mengalami gangguan setelah melalui genangan air, di mana bisa terkunci secara otomatis pasca terendam air. Hal tersebut disebabkan karena permukaan kanvas rem yang basah atau lembab.

5 ) Mengganti oli

Air dapat masuk melalui filter, kemudian menuju karter, dan menyebabkan oli tercampur oleh air tersebut. Oli yang bercampur air ini harus diganti dengan yang baru.


Demikianlah tips menservis motor matic yang perlu dilakukan sebagai tindakan cepat tanggap setelah motor terendam genangan air saat banjir menghadang. Perlakuan yang baik dan segera, dapat menghindarkan adanya dampak negatif yang dikhawatirkan akan terjadi.


Comments

Popular posts from this blog

Parah!!! Inilah Kasus Pemerkosaan Tersadis dan Paling Biadab di Dunia

Akhir-akhir ini Indonesia sedang digemparkan dengan berbagai kasus pemerkosaan wanita. Korbannya bukan hanya wanita yang sudah berumur namun ternyata gadis remaja pun menjadi sasaran kebiadapan pelaku pemerkosaan. Salah satu kasus yang sempat membuat publik geram yaitu kasus pemerkosaan YY di Bengkulu. Bagaimana tidak? Korban dari kasus pemerkosaan tersadis ini yaitu berinisial YY ternyata masih siswa SMP yang berumur 14 dan yang paling patut untuk disayangkan yaitu pelaku pemerkosaannya adalah 14 siswa yang sebagian masih di bawah umur. Tidak hanya memperkosa ternyata para pelaku juga tega menganiaya dan membunuh nyawa YY dengan mudahnya. Di dunia sendiri ternyata ada beberapa kasus pemerkosaan yang ternyata lebih sadis lagi. Berikut ulasannya. Beberapa Kasus Pemerkosaan Tersadis di Dunia 1 )  Pemerkosaan Junko Furata di Jepang Kasus pemerkosaan tersadis yang pertama ini datang dari negeri sakura Jepang dan dianggap sebagai kasus pemerkosaan yang paling sadis dan terke

7 Artis Film Dewasa Beragama Islam Paling Terkenal

Industri film dewasa memang bukan tempat yang menarik untuk diperbincangkan dalam kancah umum apalagi menyangkut agama tertentu. Terdapat artis film dewasa beragama islam yang menaruhkan banyak hal dari keluarga hingga kecaman masyarakat luas ketika memutuskan masuk ke industri ini. Hal ini sangat menarik karena latar belakang dan pekerjaan yang sangat berbeda seperti air dan api yang mustahil untuk bersatu. Daftar Artis Film Dewasa Beragama Islam 1. Mia Khalifa Artis ini mungkin yang paling fenomenal diantara artis film dewasa beragama islam yang lain. Perannya di banyak film dewasa memunculkan banyak reaksi yang luas karena ia berasal dari keluarga yang memeluk agama Islam. Mia Khalifa kini tinggal di Amerika sejak 2000. Keluarganya berasal dari Lebanon yang melakukan imigrasi untuk mendapatkan penghidupan lebih baik. Mia menjadi artis yang menempati posisi nomor satu yang banyak dilihat di salah satu situs dewasa terkenal. Ia baru dalam industri ini tetapi namanya

Template dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Template dan contoh slip gaji karyawan . Gaji. Siapa, sih, yang tidak ingin jeri payahnya dibayar? Semua orang pasti menuntut timbal balik dari jasa atau barang yang dikeluarkan oleh tiap-tiap orang. Gaji disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kita pegang di kantor, toko, atau posisi ditempat kerja lainnya. Slip gaji sendiri merupakan bukti pemberian upah kerja selama satu bulan atau satu seminggu atau dua minggu sesuai kebijakaan perusahaan atau toko. Ini berisikan rincian data karyawan, pembayaran upah, dan potongan lainnya. Bagi perusahaan slip gaji harus diadakan. Terutama bagi perusahaan besar memiliki banyak karyawan. Ada banyak sekali format penulisan slip gaji. Biasanya ini tergantung perusahaan sendiri bagaimana formatnya dibuat. Namun, bagi kamu yang baru saja memulai pekerjaan untuk mengurusi hal ini beberapa format penulisan slip bisa kamu aplikasikan, bukan hanya doc dari microsoft word dan microsoft excel . Simak beberapa contoh, di bawah ini. Slip Gaj