Skip to main content

Tips dan Cara Menyiasati Rasa Lapar, Selama Bulan Ramadhan


Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib yang dikerjakan oleh umat Islam. Tak jarang umat muslim yang mengeluh lapar dan lemas karena lamanya jangka waktu berpuasa yaitu 1 bulan berturut-turut. Padahal, mengeluh saat sedang puasa bisa mengurangi pahala yang diperoleh. Maka dari itu, penting bagi kita mengetahui cara menyiasati rasa lapar saat berpuasa. Meskipun terasa sulit, ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari berpuasa yakni melatih diri untuk menahan hawa nafsu seperti amarah, lapar, ghibah, syahwat, berbohong dan lain-lain. Bahkan banyak para ahli kesehatan yang telah menguji bahwa berpuasa dapat menyehatkan tubuh. Dan yang pasti, dengan berpuasa maka kita sebagai umat muslim akan mendapat ridho dan pahala dari Allah SWT. Anda yang melakukan berbagai macam kebaikan juga akan dilipat gandakan pahalanya di bulan penuh rahmat ini.

Inilah Tips Jitu Menyiasati Rasa Lapar di Bulan Puasa         

Seperti yang diketahui, puasa bukan berarti aktivitas sehari-hari menjadi terhenti. Mau tidak mau kita tentu saja harus bekerja setiap harinya meskipun sedang berpuasa sehingga tubuh kehilangan banyak cairan. Ketika bibir dan tenggorokan terasa kering, disaat itulah hati mulai goyah untuk membatalkan puasa padahal belum waktunya. Apalagi jika jam sudah menunjukkan jam 12 siang, dimana perut sedang lapar-laparnya. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips jitu yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati rasa lapar saat berpuasa.    

1 ) Niat


Meskipun terdengar sepele, niat sangatlah menentukan kuat tidaknya seseorang dalam berpuasa. Kebanyakan masyarakat yang belum mengucapkan niat dalam hati untuk berpuasa justru mudah goyah untuk membatalkan puasa belum pada waktunya. Niat yang dimaksud tak hanya melalui lisan saja melainkan juga dari hati dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT.

2 ) Menyibukkan diri   


Tips menyiasati rasa lapar selanjutnya adalah menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif seperti bekerja, belajar, mengaji, melakukan tugas rumah tangga dan lain sebagainya. Setidaknya ada banyak sekali kegiatan positif yang bisa kita lakukan untuk menyibukkan diri sehingga tidak merasa begitu lapar saat berpuasa. Sebab pada kenyataannya melakukan suatu aktivitas tertentu dapat membuat seseorang melupakan waktu. Apalagi jika aktivitas tersebut adalah suatu hal yang paling disukai. Namun, yang perlu diingat adalah aktivitas tersebut harus halal dan tidak membatalkan puasa.

3 ) Sahur yang sehat


Tahukah Anda bahwa menu sahur ternyata mempengaruhi kondisi seseorang yang sedang berpuasa. Agar puasa Anda bisa bugar dan terhindar dari rasa lapar yang berlebih, sahur dengan menu yang sehat dan bergizi adalah pilihan terbaik. Untuk menyiasati rasa lapar, Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran, protein, buah-buahan dan karbohidrat secara cukup.  Sebaiknya,  jangan mengonsumsi mie saat sahur sebab makanan tersebut hanya bisa digunakan untuk mengganjal rasa lapar selama beberapa jam saja. Selain itu, mie instan juga tidak cukup bergizi untuk membuat Anda bugar selama menjalankan ibadah puasa. Kemudian, hindari pula mengonsumsi minuman berkafein, salah satunya adalah kopi. Sebab minuman berkafein akan menyebabkan  tenggorokan terasa kering saat berpuasa. Perlu diingat bahwa sahur adalah waktu makan yang sangat penting untuk Anda menyimpan energi selama menjalani puasa. Oleh karena itu, selalu perhatikan asupan makanan saat Anda dan keluarga sahur. 


Itulah tadi beberapa tips jitu yang bisa Anda lakukan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan hikmat selama satu bulan penuh tanpa digoyahkan dengan rasa lapar yang berlebih. Semoga ulasan terkait tips menyiasati rasa lapar ini bermanfaat untuk Anda.      

Comments

  1. Tapi jangan juga terlalu sibuk, malah haus nanti.. heheh
    http://gunungkidul-hot.blogspot.nl/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Parah!!! Inilah Kasus Pemerkosaan Tersadis dan Paling Biadab di Dunia

Akhir-akhir ini Indonesia sedang digemparkan dengan berbagai kasus pemerkosaan wanita. Korbannya bukan hanya wanita yang sudah berumur namun ternyata gadis remaja pun menjadi sasaran kebiadapan pelaku pemerkosaan. Salah satu kasus yang sempat membuat publik geram yaitu kasus pemerkosaan YY di Bengkulu. Bagaimana tidak? Korban dari kasus pemerkosaan tersadis ini yaitu berinisial YY ternyata masih siswa SMP yang berumur 14 dan yang paling patut untuk disayangkan yaitu pelaku pemerkosaannya adalah 14 siswa yang sebagian masih di bawah umur. Tidak hanya memperkosa ternyata para pelaku juga tega menganiaya dan membunuh nyawa YY dengan mudahnya. Di dunia sendiri ternyata ada beberapa kasus pemerkosaan yang ternyata lebih sadis lagi. Berikut ulasannya. Beberapa Kasus Pemerkosaan Tersadis di Dunia 1 )  Pemerkosaan Junko Furata di Jepang Kasus pemerkosaan tersadis yang pertama ini datang dari negeri sakura Jepang dan dianggap sebagai kasus pemerkosaan yang paling sadis dan terke

7 Artis Film Dewasa Beragama Islam Paling Terkenal

Industri film dewasa memang bukan tempat yang menarik untuk diperbincangkan dalam kancah umum apalagi menyangkut agama tertentu. Terdapat artis film dewasa beragama islam yang menaruhkan banyak hal dari keluarga hingga kecaman masyarakat luas ketika memutuskan masuk ke industri ini. Hal ini sangat menarik karena latar belakang dan pekerjaan yang sangat berbeda seperti air dan api yang mustahil untuk bersatu. Daftar Artis Film Dewasa Beragama Islam 1. Mia Khalifa Artis ini mungkin yang paling fenomenal diantara artis film dewasa beragama islam yang lain. Perannya di banyak film dewasa memunculkan banyak reaksi yang luas karena ia berasal dari keluarga yang memeluk agama Islam. Mia Khalifa kini tinggal di Amerika sejak 2000. Keluarganya berasal dari Lebanon yang melakukan imigrasi untuk mendapatkan penghidupan lebih baik. Mia menjadi artis yang menempati posisi nomor satu yang banyak dilihat di salah satu situs dewasa terkenal. Ia baru dalam industri ini tetapi namanya

Template dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Template dan contoh slip gaji karyawan . Gaji. Siapa, sih, yang tidak ingin jeri payahnya dibayar? Semua orang pasti menuntut timbal balik dari jasa atau barang yang dikeluarkan oleh tiap-tiap orang. Gaji disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kita pegang di kantor, toko, atau posisi ditempat kerja lainnya. Slip gaji sendiri merupakan bukti pemberian upah kerja selama satu bulan atau satu seminggu atau dua minggu sesuai kebijakaan perusahaan atau toko. Ini berisikan rincian data karyawan, pembayaran upah, dan potongan lainnya. Bagi perusahaan slip gaji harus diadakan. Terutama bagi perusahaan besar memiliki banyak karyawan. Ada banyak sekali format penulisan slip gaji. Biasanya ini tergantung perusahaan sendiri bagaimana formatnya dibuat. Namun, bagi kamu yang baru saja memulai pekerjaan untuk mengurusi hal ini beberapa format penulisan slip bisa kamu aplikasikan, bukan hanya doc dari microsoft word dan microsoft excel . Simak beberapa contoh, di bawah ini. Slip Gaj