Skip to main content

Berikut Menu Sahur Sederhana dan Bergizi yang Menjaga Kebugaran Tubuh saat Berpuasa


Selama bulan Ramadhan, setiap umat muslim diharuskan untuk berpuasa dengan tidak makan dan juga minum mulai dari terbit fajar sampai dengan tenggelamnya matahari. Berpuasa bukan berarti kita bolos untuk melakukan segala aktivitas harian seperti belajar maupun bekerja. Oleh karena itu, dibutuhkan menu sahur sederhana dan bergizi yang dapat membuat tubuh senantiasa bertenaga dan bugar untuk melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari.

Pilihan Menu Sahur Sederhana dan Bergizi yang Bisa Disiapkan dengan Mudah

Ketika menjalankan ibadah puasa wajib ini, banyak orang yang menjadikannya sebagai alasan untuk bermalas-malasan dengan bekerja secara tidak maksimal karena lesu, lapar, mengantuk, lemas, dan lain sebagainya sehingga produktivitas kerja harian menjadi menurun. Kondisi ini muncul dikarenakan menu makanan yang kurang sehat saat sahur. Padahal, sahur merupakan waktu terpenting untuk tubuh agar memperoleh asupan nustrisi selama seharian berpuasa. Banyak masyarakat yang berasumsi bahwa sahur yang terpenting adalah kuantitasnya banyak agar bisa tahan selama seharian penuh berpuasa. Asumsi tersebut adalah salah sebab yang dibutuhkan tubuh pada dasarnya adalah menu sehat yang mencakup vitamin, protein, karbohidrat, serat, air, dan lemak secara cukup. Bukan hanya sekedar porsi yang banyak. Oleh karena itu, berikut ini adalah menu sahur sederhana dan bergizi yang bisa dengan mudah Anda buat di rumah.

 
1 ) Aneka Sop


Seperti yang kita ketahui sop merupakan makanan sehat yang banyak sekali mengandung gizi. Hal tersebut tentu saja dikarenakan banyaknya sayuran yang dimasukkan dalam membuat sop mulai dari kentang, buncis, wortel, kol, daun bawang dan lain sebagainya. Apalagi jika sop tersebut ditambah dengan bahan lain seperti bakso, sosis atau ayam suwir maka sudah pasti rasanya akan sangat nikmat.

Masalah pencernaan yang dirasakan saat menjalankan ibadah puasa biasanya adalah buang air besar yang sulit atau sembelit. Hal ini sangat wajar mengingat selama berpuasa kita dilarang untuk minum dan juga makan. Maka dari itu mengonsumsi sayuran yang terdapat di dalam sop dapat membantu Anda memperlancar pencernaan selama berpuasa. Ada banyak sekali sajian menu yang bertemakan sop, diantaranya adalah sop ayam, sop jamur, sop ceker, sop asparagus, dan lain sebagainya. Sehingga Anda tidak akan bosan dengan menu sahur sederhana dan bergizi yang satu ini. Selain itu, kelebihan dari menu ini adalah Anda tidak perlu bersusah payah memasaknya.

2 ) Nasi Goreng


Siapa yang tidak kenal dengan menu nasi goreng? Ya, makanan ini memang sangat mudah dimasak serta tidak membutuhkan banyak waktu untuk dapat disajikan. Oleh karena itu, pantas jika menu masakan ini sangat sering dipilih untuk menemani sahur saat berpuasa. Untuk membuat masakan ini semakin bergizi dan lezat, Anda bisa menambahkan beberapa sayuran, sarden, bakso atau ayam suwir. Selain karena rasanya yang enak, nasi goreng juga bisa membuat Anda kenyang cukup lama.

3 ) Capcay


Menu sahur sederhana dan bergizi selanjutnya adalah capcai. Menu makanan ini menjadi andalan untuk makanan sahur dikarenakan cara pembuatannya yang mudah dan cepat. Selain itu, kandungan gizi yang terdapat di dalamnya juga tidak perlu diragukan lagi. Tambahkan suwiran daging ayam atau daging sapi untuk menambah cita rasa dan memberikan asupan protein untuk tubuh.


Itulah beberapa menu sahur bernutrisi yang bisa Anda coba di rumah. Perlu diingat bahwa masakan di waktu sahur akan mempengaruhi kondisi tubuh selama menjalankan puasa sehari penuh. Selain mengonsumsi makanan di atas, jangan lupa untuk banyak meminum air putih dan selingi dengan mengonsumsi buah-buahan. Semoga ulasan mengenai menu sahur sederhana dan bergizi ini dapat membuat Anda kuat dalam menjalani puasa Ramadhan. 

Comments

Popular posts from this blog

Parah!!! Inilah Kasus Pemerkosaan Tersadis dan Paling Biadab di Dunia

Akhir-akhir ini Indonesia sedang digemparkan dengan berbagai kasus pemerkosaan wanita. Korbannya bukan hanya wanita yang sudah berumur namun ternyata gadis remaja pun menjadi sasaran kebiadapan pelaku pemerkosaan. Salah satu kasus yang sempat membuat publik geram yaitu kasus pemerkosaan YY di Bengkulu. Bagaimana tidak? Korban dari kasus pemerkosaan tersadis ini yaitu berinisial YY ternyata masih siswa SMP yang berumur 14 dan yang paling patut untuk disayangkan yaitu pelaku pemerkosaannya adalah 14 siswa yang sebagian masih di bawah umur. Tidak hanya memperkosa ternyata para pelaku juga tega menganiaya dan membunuh nyawa YY dengan mudahnya. Di dunia sendiri ternyata ada beberapa kasus pemerkosaan yang ternyata lebih sadis lagi. Berikut ulasannya. Beberapa Kasus Pemerkosaan Tersadis di Dunia 1 )  Pemerkosaan Junko Furata di Jepang Kasus pemerkosaan tersadis yang pertama ini datang dari negeri sakura Jepang dan dianggap sebagai kasus pemerkosaan yang paling sadis dan terke

7 Artis Film Dewasa Beragama Islam Paling Terkenal

Industri film dewasa memang bukan tempat yang menarik untuk diperbincangkan dalam kancah umum apalagi menyangkut agama tertentu. Terdapat artis film dewasa beragama islam yang menaruhkan banyak hal dari keluarga hingga kecaman masyarakat luas ketika memutuskan masuk ke industri ini. Hal ini sangat menarik karena latar belakang dan pekerjaan yang sangat berbeda seperti air dan api yang mustahil untuk bersatu. Daftar Artis Film Dewasa Beragama Islam 1. Mia Khalifa Artis ini mungkin yang paling fenomenal diantara artis film dewasa beragama islam yang lain. Perannya di banyak film dewasa memunculkan banyak reaksi yang luas karena ia berasal dari keluarga yang memeluk agama Islam. Mia Khalifa kini tinggal di Amerika sejak 2000. Keluarganya berasal dari Lebanon yang melakukan imigrasi untuk mendapatkan penghidupan lebih baik. Mia menjadi artis yang menempati posisi nomor satu yang banyak dilihat di salah satu situs dewasa terkenal. Ia baru dalam industri ini tetapi namanya

Template dan Contoh Slip Gaji Karyawan

Template dan contoh slip gaji karyawan . Gaji. Siapa, sih, yang tidak ingin jeri payahnya dibayar? Semua orang pasti menuntut timbal balik dari jasa atau barang yang dikeluarkan oleh tiap-tiap orang. Gaji disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kita pegang di kantor, toko, atau posisi ditempat kerja lainnya. Slip gaji sendiri merupakan bukti pemberian upah kerja selama satu bulan atau satu seminggu atau dua minggu sesuai kebijakaan perusahaan atau toko. Ini berisikan rincian data karyawan, pembayaran upah, dan potongan lainnya. Bagi perusahaan slip gaji harus diadakan. Terutama bagi perusahaan besar memiliki banyak karyawan. Ada banyak sekali format penulisan slip gaji. Biasanya ini tergantung perusahaan sendiri bagaimana formatnya dibuat. Namun, bagi kamu yang baru saja memulai pekerjaan untuk mengurusi hal ini beberapa format penulisan slip bisa kamu aplikasikan, bukan hanya doc dari microsoft word dan microsoft excel . Simak beberapa contoh, di bawah ini. Slip Gaj